Kamis, 31 Maret 2016

Budaya Dan Kesenia Jawa Tengah

Mengenal Budaya dan Kesenian Jawa Tengah – Di Indonesia terdiri dari pulau-pulau serta mempunyai suku dan budaya yang beragam. Setiap daerah mempunyai suku dan budaya yang berbeda-beda. Suku di pulau jawa berbeda berbeda dengan suku di pulau Sulawesi, begitu halnya budaya.
1
Untuk mengenal daerah Jawa Tengah kita harus mengetahui kebudayaannya.Kebudayaan Jawa adalah kebudayaan tertua di Indonesia, bermula berasal dari kebudayaan nenek moyang yang bermukim di tepian Sungai Bengawan Solo. Di Museum Sangiran di Kabupaten Sragen terdapat fosil manusia Jawa yang merupakan saksi sejarah dan suatu kawasan budaya.
Jawa tengah mempunyai seni dan kebudayaan yang unik. Wayang dan batik adalah kesenian dari Jawa Tengah yang saat ini sudah banyak di kenal di berbagai manca negara bahkan dunia. Di bawah ini adalah kebudaayaan yang berasal dari Jawa tengah

Rumah adat Jawa Tengah

Rumah adat yang berasal dari Jawa Tengah disebut dengan Joglo. Joglo terbuat dari kayu, mempunyai nilai seni yg cukup tinggi, berdenah bujur sangkar dan mempunyai empat pokok tiang di tengah (saka). Joglo hanya dimiliki orang dari kalangan atas atau yang mampu. Rumah joglo guru, blandar bersusun yang yang dikenal dengan tumpangsari. Blandar tumpangsari bersusun ke atas semakin ke atas bentuknya semakin melebar.

Pakaian Adat Jawa Tengah

Pakaian adat atau pakaian tradisional Jawa Tengah untuk wanita adalah kebaya yang dilengkapi dengan kemben dan kain tapih pinjung lengkap dengan stagen. Untuk kalangan pria pakaian adat yang dipakai oleh kerabat keratin adalah beskap kembang atau motif, kepala memakai blankon (destar), kain samping jarik, stagen untuk mengikat kain samping serta keris dan cemila (alas kaki). Pakaian tersebut disebut dengan Jawi Jangkep (pakaian adat Jawa lengkap dengan keris).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar