Sabtu, 02 April 2016

Kesenian Jawa Barat Terpopuler

Kesenian Jawa Barat Terpopuler

Kesenian merupakan bagian dari budaya dan menjadi sebuah sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Indonesia sebagai sebuah negara majemuk tentu memiliki kesenian yang beragam salah satunya daerah Jawa Barat.

Berikut 10 kesenian Jawa Barat paling populer versi Jajak Pendapat Litbang KORAN SINDO:

1. Angklung

Angklung merupakan kesenian khas Jawa Barat paling populer. Alat musik yang terbuat dari bambu ini dibunyikan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dengan susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Pada tahun 2010, Angklung terdaftar sebagai Warisan Budaya dari UNESCO.

2. Tari Jaipong

Ciri khas dari tari Jaipong adalah musiknya yang menghentak,dimana suara dari alat musik gendang menjadi suara paling dominan selama mengiringi tarian. Jaipongan merupakan tarian pengembangan dari tari tradisional khas Sunda yaitu Ketuk Tilu. Tari Jaipong dibawakan dengan iringan musik yang khas yaitu degung.

3. Tari Topeng

Tari topeng adalah sebuah kesenian khas Jawa Barat yang dibawakan oleh sekelompok orang penari. Tarian ini tidak hanya dimainkan oleh kaum hawa namun juga dimainkan oleh sebagian kaum pria. Ciri khas dari tarian ini adalah sang penari harus menari sambil menggunakan topeng khas Sunda.

4. Wayang Golek

Wayang Golek merupakan kesenian warisan khas Jawa Barat. Kesenian ini berbentuk pementasan sandiwara boneka yang terbuat dari kayu dan dimainkan oleh seorang dalang. Sang dalang bertugas mengatur alur cerita dari awal sampai akhir sekaligus menjadi pengisi suara para wayang Golek.

5. Kuda Lumping

Kuda Lumping menjadi sebuah kesenian khas Jawa Barat unik dan berbeda dari kesenian Jawa Barat lainnya. Pertunjukan kuda lumping dimainkan dengan mengundang roh halus untuk merasuk dalam tubuh seorang pemain. Pemain yang sudah kesurupan kemudian menunggangi sebuah kuda kayu dengan diringi oleh tabuhan gendang dan terompet.

6. Sisingaan

Kesenian yang populer di kalangan masyarakat Subang ini menampilkan 2 hingga 4 boneka singa yang diusung oleh para pemainnya sambil menari. Setiap boneka di usung oleh 4 orang pemain. Di atas boneka singa yang diusung biasanya duduk seorang anak yang akan dikhitan atau seorang tokoh masyarakat. Kesenian Sisingaan ini umumnya ditampilkan pada siang hari dengan cara berkeliling kampung

7. Tari Ketuk Tilu

Selain Jaipongan, masyarakat Sunda ternyata memiliki satu tarian populer lainya yaitu Tari Ketuk Tilu. Tarian ini biasanya menjadi hiburan pada acara tertentu seperti pesta perkawinan serta kegiatan pemerintah setempat. Berdasarkan sejarah, Ketuk Tilu ditarikan dalam rangka upacara menyambut panen padi sebagai rasa wujud terima kasih kepada Dewi Sri.

8. Kuda Renggong

Kuda Renggong adalah sebuah kesenian khas Jawa Barat tepatnya di daerah Sumedang, Majalengka, dan Karawang. Kuda Renggong biasanya di tampilkan pada saat acara khitanan. Seorang pemuda yang hendak dikhitan menaiki seekor kuda hias untuk kemudian diajak berkeliling kampung. Pertunjukan kuda Renggong terdapat 2 jenis yaitu Kuda Renggong Desa dan Kuda Renggong Festival.

9. Degung

Degung dalam istilah modernnya biasa disebut pula dengan orkestra. Dalam kesenian Degung, ada beberapa alat musik yang dimainkan yaitu Gendang, Gong, Kempul, Saron, Bonang, Kacapi, Suling, Rebab, dan sebagainya. Degung cukup populer di daerah Jawa Barat. Pasalnya, musik Degung hampir selalu dimainkan setiap ada acara – acara penting.

10. Calung

Calung adalah sebuah alat musik khas sunda yang mirip dengan angklung. Bedanya, jika Angklung di mainkan dengan digoyangkan, calung dimainkan dengan cara memukul batang bambu dari ruas-ruas tabung bambu yang tersusun menurut tangga nada pentatonik. Jenis bambu yang digunakan untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung atau bambu hitam. Namun ada pula yang dibuat dari awi temen bambu yang berwarna putih.

Fakta dan Sejarah Sunda

Suku Sunda atau masyarakat Sunda merupakan mayoritas penduduk Jawa Barat. Dalam catatan sejarah, pada tahun 1851 suku Sunda sudah merupakan penduduk terbesar di Jawa Barat yang berjumlah 786.000 jiwa. Pada tahun 2008, suku Sunda diperkirakan berjumlah lebih kurang 34 juta jiwa.

• Definisi
Sunda merupakan kebudayaan masyarakat yang tinggal di wilayah barat pulau Jawa dengan berjalannya waktu telah tersebar ke berbagai penjuru dunia.

• Kerajaan Tertua
Pada tahun 1333 berdiri Kerajaan Pajajaran yang dalam sejarahnya dianggap sebagai kerajaan tertua di tanah Sunda.

Karya sastra Sunda tertua
Caritha Parahyangan

• Prabu Siliwangi
Raja Pajajaran yang identik dengan Harimau Putih itu dikenal sebagai salah satu raja sakti yang pernah dimiliki oleh negeri Pasundan (Jawa Barat). Nama Prabu Siliwangi sendiri sesungguhnya adalah nama lain dari Pangeran Pamanah Rasa.

• Karakteristik
Lembut, tidak ngotot dan tidak keras. Mereka bersikap baik terhadap kaum pendatang atau dalam bahasa Sunda ‘someaah hade ka semah

• Cikal Bakal Peradaban Nusantara
Suku Sunda merupakan cikal bakal berdirinya peradaban di Nusantara, di mulai dengan berdirinya kerajaan tertua di Indonesia, yakni Kerajaan Salakanagara dan Tarumanegara sampai ke Galuh, Pakuan Pajajaran, dan Sumedang Larang.

Watak
Cageur (sehat), bageur (baik), bener (benar), singer (terampil), dan pinter (pandai/ cerdas)

Bahasa
Berbeda dengan bahasa Jawa yang dominan berakhir ‘O’ bahasa Sunda lebih banyak berakhiran huruf ‘A’ seperti Nana Sutresna, Wiranata, Iskandar Dinata, Purwakarta dan Majalaya.

• Makna kata Sunda
artinya Bagus/ Baik/ Putih/ Bersih/ Cemerlang, segala sesuatu yang mengandung unsur kebaikan

• Tradisi Makanan
Senang memakan sayuran atau daun-daunan sebagai ‘lalaban’ (sayuran yang dimakan mentah-mentah dengan sambal)

• Suku Tradisional
Jika Sulawesi punya suku Mandar dan Toraja, Kalimantan punya suku Dayak, maka Sunda punya suku Baduy.

• Perang Bubat
Perang besar yang terjadi pada masa pemerintahan raja Majapahit, Hayam Wuruk dengan Mahapatih Gadjah Mada. Perang ini melibatkan Mahapatih Gadjah Mada dengan Prabu Maharaja Linggabuana dari Kerajaan Sunda di Pesanggrahan Bubat pada abad 14

• Simbol Maung
Beberapa hal yang berkaitan dengan kebudayaan dan eksistensi masyarakat Sunda dikorelasikan dengan simbol Maung, baik simbol verbal maupun non-verbal seperti nama daerah (Cimacan), simbol Kodam Siliwangi, hingga julukan klub Persib yang sering dijuluki Maung Bandung

• Lagu Daerah Populer
Manuk Dadali, Bubuy Bulan, Tokecang, Es Lilin

• Pahlawan Terkenal
Muhammad Toha, Dewi Sartika, Ir R Djoeanda Kartawidjaja atau Ir Haji Juanda, Otto Iskandar di Natta Bangunan

Bersejarah
1. Museum Palagan Bojong Kokosan Sukabumi
2. Museum Telaga Manggung, Majalengka
3. Situs Gunung Padang, Cianjur
4. Museum Zoologi Bogor
5. Istana Bogor
6. Rumah pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta, Bandung
7. Rumah penculikan Bung Karno- Bung Hatta di Rengasdengklok, Karawang
8. Situs Ciung Wanara Karangmu yan, Ciamis
9. Bosscha, Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar