Sabtu, 02 April 2016

Kesenian Khas Sumatera Barat

Kesenian Khas Sumatera Barat



wisata sumatera barat


Namun selain Indahnya alam di Indonesia khususnya di Sumatera Barat yang juga memiliki kekayaan seni dan budaya, salah satunya adalah dalam bentuk tarian. Tarian tarian di Sumatera Barat sangat lah beragam dan merupakan Kesenian Khas Sumatera Barat. Sebenarnya, di sumatera barat banyak sekali terdapat berbagai jenis tarian tradisional dan disini kami akan berikan informasi beberapa jenis tarian khas Sumatera Barat yang sudah terkenal.








TARIAN KHAS SUMATERA BARAT

  • TARI ALANG BABEGA MINANGKABAU
Tari Alang Babega Minangkabau berasal dari daerah minangkabau, menggambarkan sebuah elang tebang berbegar mencari mangsa dengan mengembangkan atau mengibaskan sayap di udara lalu menukik menyambar ayam
  • TARI AMBEK AMBEK KOTO ANAU
Tari Ambek-Ambek adalah Kesenian Khas Sumatera Barat yang berawal dari tingkah laku anak-anak yang bermain, bergelut, atau bercanda pura-pura berkelahi dengan menggunakan gerakan pencak atau merupakan olah gerak dan rasa sebagai satu bentuk materi permainan anak nagari. tari Ambek-Ambek adalah tari tradisi Koto Anau.
  • TARI RANDAI
Randai adalah pertunjukan teater khas Minangkabau yang merupakan gabungan dari seni peran, seni tari, seni musik dan seni beladiri. Biasanya pertunjukan randai diadakan di lapangan terbuka di kampung kampung.
  • TARI PAYUNG
Tari Payung merupakan Kesenian Khas Sumatera Barat yang merupakan salah satu tari klasik dari yang berasal dari Daerah Minang. Tari payung menggambarkan kasih sayang seorang kekasih yang dilambangkan dengan melindungi dengan payungnya.
  • TARI RANTAK MINANGKABAU
Tari Rantak diperkirakan telah ada sejak lama sekali di daerah Kabupaten Kerinci. Menurut seniman-seniman senior (tua), kesenian ini telah dipelajari dan di laksanakan jauh sebelum mereka lahir namun asal-usulnya menjadi kabur seiring perjalanan waktu dan kurangnya perhatian dari sejarawan setempat.
  • TARI PIRING
Tari piring merupakan sebuah seni tarian milik orang Minangkabau yang berasal dari Sumatra Barat. Tarian ini memiliki gerakan yang menyerupai gerakan para petani semasa bercucuk tanam, membuat kerja menuai dan sebagainya.
  • TARI RANCAK MINANGKABAU
Tari ini menggambarkan keteguhan hati masyarakat Bawean dalam iman Agama Islam yang merupakan agama anutan masyarakat seluruh Bawean. Syair dan geraknya menggambar kecintaan pada Sang Khaliq Allah SWT dan kekasih  hati utama Rasul Nabi Akhiruzzaman Muhammad SAW sang pembawa kebenaran.
  • TARI INDANG MINANGKABAU
Tari indang merupakan salah satu Kesenian Khas Sumatera Barat yang berasal dari minangkabau.Asal usul tari indang adalah dari kata Indang atau disebut juga badindin, salah satunya. Tarian ini sesungguhnya suatu bentuk sastra lisan yang disampaikan secara berkelompok sambil berdendang dan memainkan rebana kecil.
  • TARI LILIN SUMATERA BARAT
Tarian Lilin pada asasnya merupakan sebuah tarian yang dipersembahkan oleh sekumpulan penari dengan diiringi sekumpulan pemusik. Para penari ini akan membawa lilin yang dinyalakan pada piring yang dipegang oleh tangan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar