Sabtu, 02 April 2016

Musik Klasik

Pengertian dan Contoh Musik Klasik

Inilah Pengertian Musik Klasik http://www.radiomk.com/
Pengertian Musik klasik adalah sebuah istilah yang sangat luas dan biasanya mengarah kepada musik yang dibuat atau yang berasal usul dari tradisi kesenian Barat, musik sekuler dan musik orkestra hal ini juga mencakup pada periode dari sekitar abad ke-9 hingga ke-21.
Musik klasik dibedakan dari bentuk musik non-Eropa dan musik populer terutama oleh sistem notasi pada musiknya, yang sudah digunakan pada abad ke-16. Notasi musik barat juga digunakan pada komponis untuk memberikan petunjuk kepada pembawa musik mengenai tinggi nada, kecepatan, metrum, ritme individual dan pembawaan yang tepat pada suatu karya musik. Hal ini juga dapat membatasi pada praktik improviasasi ad libitum, kata ini biasa didengar pada musik non-Eropa dan musik populer.

Sejarah Musik Klasik

Sejak abad ke-2 dan abad ke-3 sebelum Masehi, di Tiongkok dan Mesir sudah mempunyai bentuk musik tertentu. Hal ini mendapat pengaruh dari Mesir serta Babilon, dan berkembanglah musik Hibrani yang kemudian berkembang lagi menjadi musik gereja. Musik ini ternyata disenangi oleh masyarakat, karena adanya pemain-pemain musik yang mengembara serta menyanyikan lagu yang digunakan pada saat upacara geraja.
Musik klasik kemudian tersebar diseluruh Eropa kemudian tumbuh dan berkembang serta musik intrumental maju dengan pesar setelah adanya perbaikan dari alat-alat musik, contohnya biola dan cello. Kemudian bermunculan para komponis besar di berbagai negara yaitu, Jerman, Prancis, Italia dan Rusia.
Pada abad ke-19, rasa kebangsaan mulai bangun dan berkembang, karena itu pekmbangan musik pecah menurut kebangsaannya masing-masing. Walaupun begitu pada permulaannya mempunyai persamaan yaitu bergaya romantik

Tokoh Musik Klasik

1. Franz Joseph Haydn

publicbroadcasting.net
publicbroadcasting.net
Franz Joseph Haydn adalah salah satu komponis yang membawa pengaruh sangat besar pada Zaman Klasik. Franz juga mempunyai julukan sebagai “Bapak Kuartet Gesek” atau “Bapak Simfoni”. Komponis banyak mengahabiskan waktunya sebagai musikus untuk keluarga Eszterhazy di Australia. Franz adalah saudra laki-laki dari seorang komponis terkenal yaitu Michael Haydn dan seorang penyanyi terkenal Evangelist Haydn.

2. Franz Schubert

Franz Schubert
http://static.guim.co.uk/
Franz Schubert adalah komponis berkebangsaan Austria yang lahir pada tanggal 31 January 1797 dan meninggal pada tanggal 19 November 1828. Singkat cerita, Schubert sebelum memasuki umur 20 tahun dia telah menghasikan 6 simfoni, secara keseluruhan 8 sinfoni. 2 judul diantaranya adalah Unfinished Symphony dan Great Shymphoy.

3.  Georg Friedrich Handel

Friedrich Handel
http://www.oel-bild.de/
Handel adalah komponis musik Barok Jerman yang banyak menghabiskan waktunya di Britani Raya. Beliau lahir pada tanggal 23 Februari 1685 di Halle, dan meninggal dunia pada 14 April 1759 di London. Beliau adalah pencipta musik termuka Oratorio, Concerti Grossi, dan Opera. Beberapa karya yang terkenal dari Handel adalah Oratoria Messiah, Water Music dan Fireworks Musik.
Baca juga: Manfaat Musik Klasik

4. Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven
http://totallyhistory.com/
Ludwig van Beethoven adalah komponis asal Jerman yang mungkin tidak asing lagi di telinga kamu, bahkan karya nya yang hingga kini selalu didengarkan. Beliau lahir pada tanggal 17 Desember 1770 di Bonn dan meninggal dunia pada tanggal 26 Maret 1827 di Wini. Beliau juga komponis besar dan tokoh terpenting dalam perubahan Zaman Romantik dan Zaman Klasik.

5. Wolfgang Amadeus Mozart

Wolfgang Amadeus Mozart
wikimedia.org
Mozart adalah salah satu tokoh yang sangat penting serta membawa pengaruh yang sangat besar terhadap Zaman Musik Klasik maupun Zaman Musik Romantik. Mozart teah menghasilkan sekitar 700 lagu, termasuk paduan suara, musik opera dan musik piano. Beberapa karya terbaiknya adalah DIe Zauberflote dan Opera Don Giovanni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar