Sabtu, 02 April 2016

Tarian Sebagai Wisata Budaya Ambon, Maluku


Tarian Sebagai Wisata Budaya Ambon, Maluku


1. Tari Bambu Gila

Tari Bambu Gila

Tarian yang pertama adalah tari bambu gila, tarian ini tergolong sebagai tradisi yang unik dari Ambon, Maluku. Tari ini dimainkan oleh 6 pemuda dengan sepotong bambu yang sudah dimanterai oleh dukun. Bambu yang sudah dimanterai itu akan bergerak sesuka hatinya dan 6 pemuda itu harus tetap memegang erat bambu kemanapun bambu itu bergerak. Wisata budaya ini dimainkan pada acara-acara tertentu sebagai hiburan untuk para tamu yang datang.

2. Tari Cakalele

Tari Cakalele

Tari cakalele merupakan tarian perang masyarakat Maluku. Tarian ini menggambarkan situasi dan suasana kala terjadi perang di kota Ambon. Kostum para penari berwarna merah yang diartikan sebagai keberanian. Penari akan menari sambil membawa parang, salawaku. Tari cakalele adalah tarian perang masyarakat Maluku. Itu karena tarian yang ditarikan oleh para pemuda, pria dewasa, pemudi dan wanita dewasa ini menyerupai gerakan perang masyarakat Maluku. Tarian ini memang digambarkan sesuai dengan suasana pada peperangan dalulu kala di Ambon. Kostum dari para penari adalah merah yang merupakan cermin dari sebuah keberanian. Penari yang menarikan tarian ini menari dengan memegang parang, salawaku sebagai perisai masyarakat Maluku.

3. Tari Katreji

Tari Katreji

Tarian ini adalah wisata budaya berbentuk tarian pergaulan masyarakat Maluku. Gerak tari pada wisata budaya Ambon ini dipadu dengan kebudayaan Negara Eropa (Portugis & Belanda). Dahulu tarian ini biasa digelarkan pada acara penting saja seperti pengangkatan kepala Desa. Kini tarian Katreji menjadi tarian rakyat yang sering digelar pada acara-acara rakyat di Ambon, Maluku. Tari Katreji pernah jadi pengisi acara di meriahnya Festival Teluk Ambon 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar